-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan



seputar-manfaat.blogspot.co.id
11 Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan - Buah lemon itu sendiri merupakan salah satu buah yang sangat sering djadikan minuman. Apa yang anda ingat ketika merasakan haus karena cuaca yang sangat panas? Pastinya kesegaran segelas jus lemon yang mampu menuntaskan dahaga kita bukan!. Rasanya yang asam segar ternyata memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Buah lemon memiliki warna kuning cerah dan berbetuk elip. Buah lemon berasal dari spesies jeruk limon. Sedangkan untuk negara-negara di Asia tenggara seperti Indonesia lebih dikenal buah jeruk nipis dibandingkan buah lemon. Walaupun berbeda dari segi tampilan kedua buah ini sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan.



Kandungan Nutrisi Buah Lemon

Mungkin bagi kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa buah lemon mengandung banyak vitamin c. Ternyata kandungan nutrisi buah lemon bukan hanya sekedar vitamin c. Terus apa saja kandungan nutrisi buah lemon?

Dalam setiap 100 g lemon terkandung nutrisi, diantaranya: 0.9 g protein, 51 kal kalori, 0.2 g lemak, 23 mg fosfor, 0.4 mg besi, 11.4 g karbohidrat, 49 mg asam askorbat, asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, glikosida, asam sitrun dan vitamin C.

Lemon juga merupakan sumber dari kelompok vitamin B kompleks seperti vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2, riboflavin dan asam pantotenat. Namun di dalam lemon juga ditemukan kandungan sodium dan seng dalam jumlah kecil.

Nah, Setelah kita mengetahui pengertian luas dari lemon beserta kandungan yang terdapat pada lemon, kita akan menjelaskan mengenai manfaat lemon untuk kecantikan yaitu :


Mengobati jerawat

Jerawat membandel membuat kita tidak percaya diri. Bagi kulit yang tidak sensitif, perasan air lemon yang dioleskan pada wajah dapat mengatasinya. Jangan lupa mencuci bersih wajah 15 menit kemudian. Kandungan antiseptik alami dalam jeruk dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk perawatan dari dalam, minumlah air lemon yang didapat dengan mencampur air perasan 1 buah lemon dengan 3 gelas air minum. Minumlah secara rutin. Air lemon ini dapat disimpan dalam lemari pendingin untuk diminum sepanjang hari. Selain mengatasi jerawat juga bisa menyegarkan tenggorokan.


Mengurangi flek hitam

Flek hitam yang muncul pada wajah dapat disebabkan karena umur atau seringnya wajah terpapar sinar matahari langsung. Cobalah lakukan perawatan alami ini. Pada malam hari sebelum tidur, oleskan secara rutin perasan jeruk lemon pada flek hitam di wajah. Cucilah wajah dengan air bersih pada keesokan harinya. Setelah dua minggu akan terlihat hasilnya. Dan gunakan secara teratur agar hasilnya tidak mengecewakan.
 

Mencerahkan kulit wajah


Menggunakan masker lemon yang didapat dari perasan lemon yang ditambah dua sendok makan madu, akan membuat wajah tampak cerah. Cukup dioles pada permukaan wajah, diamkan 15 menit kemudian bilas air dingin. Pakailah seminggu sekali, wajah akan terlihat cerah dalam sebulan. Dan gunakan masker lemon ini secara teratur sehingga akan menghasilkan hasil yang maksimal.


Menjaga kesehatan kuku

Lemon yang digosokkan pada kuku yang dilakukan secara rutin membuat kuku bersih dan terlihat putih. Cara ini sangat cocok bagi anda yang sering menggunakan cat kuku. Terlalu sering memakai cat kuku tentu saja bisa membuat kuku menguning. Kandungan protein dan keratin pada lemonlah yang membuat kuku cerah, sehat dan kuat.

 

Mengatasi Gigi Kuning

Beberapa kebiasaan yang tidak kita sadari seperti meminum kopi dan merokok dapat meninggalkan noda pada gigi dan berangsur-angsur membuat warna gigi menguning. Tentu tidak sedap dipandang dan mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya cobalah menggunakan cairan pemutih alami yang dibuat dari perasan lemon dan sedikit baking soda. Oleskan sambil digosok lembut pada permukaan dengan jari Anda, biarkan kurang lebih satu menit. Kemudian sikat gigi seperti biasa. Tetapi jangan terlalu sering menggunakannya karena asam pada lemon dapt merusak email gigi.

Menyegarkan Nafas dan Meringankan Sakit Gigi

Jika Anda ingin mencoba cara alami untuk menghilangkan bau mulut, gunakan air lemon untuk berkumur. Aroma lemon yang segar dapat mengusir aroma mulut yang tidak sedap. Sedangkan untuk perawatan dari dalam, Anda dapat meminum jus jeruk. Selain menyegarkan aroma mulut juga dapat menyembuhkan radang gusi. Karena gusi yang meradang menjadi salah satu penyebab gigi sakit. Tetapi jangan sering-sering menggunakannya, karena dikhawatirkan dapat merusak enamel gigi.


Pemerah Bibir Alami

Ingin bibir terlihat merah merona? Irisan lemon segar yang digosok perlahan-lahan pada permukaan bibir dapat melembabkan bibir. Kandungan vitamin C dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan bibir terlihat kusam dan kering. Dengan melakukan perawatan secara rutin maka akn mendapatkan tampilan bibir yang merah dan lembab. Gunakan secara teratur.




Mengatasi kerontokan rambut

Tentu tidak nyaman melihat rambut yang rontok setiap kali anda menyisir rambut. Untuk mengatasinya dapat menggunakan cara alami. Buatlah ramuan dari perasan air lemon yang dicampur dengan 3/4 sendok makan minyak kelapa. Aplikasikan ramuan ini pada kulit kepala, diamkan 30 menit lalu keramaslah seperti biasa. Perawatan ini bisa dilakukan seminggu dua kali.




Mengatasi Rambut Rusak

Rambut yang rusak karena perlakuan kimiawi seperti sering menggunakan pengering rambut elektrik ataukah sering mewarnai rambut, lama kelamaan dapat membuat rambut mudah patah dan kering. Untuk memulihkan keremajaan rambut, Anda bisa membuat masker rambut alami dengan menggunakan campuran air lemon, minyak zaitun dan madu murni. Oleskan pada rambut, diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan shampo.

Mengatasi ketombe pada kulit kepala

 Memijat kulit kepala secara perlahan sambil mengoleskan air lemon yang sudah dicampur dengan minyak zaitun bisa mengatasi ketombe. Minyak zaitun berguna untuk menjaga kelembaban rambut dan juga dapat menyuburkan. Diamkan selama 15 menit, bilas air hangat. Jangan lupa memakai kondisioner setelah bershampo. Lakukan perawatan sampai ketombe menghilang.

Sebagai Sabun Cuci Muka Alami

Muka yang kotor karena debu dan polusi yang menempel harus segera dibersihkan agar kulit terhindar dari jerawat dan kulit wajah dapat bernapas kembali. Menggunakan air saja tidak cukup untuk membersihkannya. Biasanya kita menggunakan sabun cuci muka (facial foam) yang kini bisa didapat dengan mudah di pasaran. Sabun cuci muka buatan pabrik ini tentu saja mengandung bahan kimia yang tidak diketahui efek sampingnya. Namun ada cara alami yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Oleskan air perasan jeruk lemon pada wajah, selain terbukti efektif mengangkat kotoran juga menghilangkan bakteri yang menempel pada permukaan wajah.

Itulah 11 Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share. Marilah kita saling berbagi ilmu dan pengetahuan.

Post a Comment for "11 Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan"