-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Manfaat Membuat Blog

19 Manfaat Membuat Blog-Faidah-Keuntungan Ngeblog-Mungkin beberapa diantara kalian sudah mengenal apa itu yang namanya Blog ataupun Blogger. Atau beberapa dari kalian sudah memiliki blog atau mau belajar ngeblog. Blog sediri berasal dari kata Weblog yang asal muasalnya digunakan sebagai catatan seperti catatan harian, atau sebagainya. Namun saat ini Blog berkembang pesat dan memiliki banyak manfaat untuk kita semua.


Semua orang bisa memiliki Blog dengan gratis dan juga mudah. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah Email dan juga sedikit kreativitas untuk menulis. Blog sendiri sebenarnya ada banyak, namun fungsi Manfaat dan Kegunaan Blog semuanya hampir sama. Mungkin beberapa dari kalian sudah merasakan beberapa manfaat blog yang bisa dipetik, sepeti manfaat sharing, manfaat ilmu, dan sebagainya. Namun masih ada orang awam yang tidak mengerti apa itu blog, serta apa manfaat dan kegunaan blog sendiri. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai 19 Manfaat Membuat Blog-Faidah-Keuntungan Ngeblog  yang bisa kita dapatkan.


·     Get a Better Job (Mendapatkan Pekerjaan Yang Lebih Baik)

Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang. Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrutnya. Para bos dan manajer perushaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.

Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu. Dengan ngeblog, kita mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog.


·     Start a New Business (Memulai Bisnis Baru)

Blog bisa menjadi ajang bisnis. Kadang-kadang, awalnya ngeblog itu hanya hobi, tapi berkembang menjadi bisnis penuh waktu (full-time business).

Itulah yang dialami Pat Flynn. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur. Ketika ia keluar dari pekerjaannya, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan setahun kemudian blognya itu bisa medapatkan 100.000 dolar per tahun.


·     Get More Clients to Your Existing Business (Mendapatkan Tambahan Klien Bisnis)

Website statis tidak menarik klien dan konsumen baru. Tapi, blog yang diupdate secara reguler, bisa memproduksi lebih untuk seluruh dunia.

Ketika Anda mempublikasikan posting blog "in-depth" yang membantu klien/pelanggan potensial untuk mengatasi masalah mereka, maka mereka akan datang kepada Anda dan respek kepada Anda sebagai ahli di bidang itu. Jika mereka butuh bantuan lebih, mereka kemungkinan akan tertarik untuk merekrut Anda atau mengundang Anda.


·     Become a Better Writer (Menjadi Penulis Yang Lebih Baik)

Blog itu mengasah keterampilan menulis. Semakin anda terbiasa untuk menulis halaman demi halaman secara tidak langsung keterampilan menulis anda akan semakin baik. Cara terbaik latihan menulis ya ngeblog


·     Become a Published Author (Menjadi Penulis di media)

Ngeblog bukan saja cara yang baik untuk menjadi penulis yang lebih baik, tapi juga bisa menjadi jalan tercepatr untuk menjadi penulis di media massa --menulis artikel opini dan mendapatkan honor tulisan.


·     Get Immediate Feedback (Mendapatkan Umpan Balik Yang Cepat)

Penulis buku harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan umpan balik atas bukunya. Tapi blogger bisa mendapatkan umpan balik di hari yang sama saat ia klik "Publish".

Itulah yang menjadikan blog sebagai cara terhebat untuk mendapatkan feedback atas ide atau pemikiran Anda.


·     Learn More About a Group of People (Belajar Lebih Banyak Tentang Karakter Orang)

Kita akan tahu tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari jumlah like, share, dan komentar, juga dari posting terpopuler yang bisa dilihat di statistik blog dan Google Analytic.


·     Gain Influence (Meraih Pengaruh)

Apa cara terbaik untuk mengubah dunia? Anda bisa menjadi politisi, aktivis, atau relawan (volunteer). Jika ketiganya tidak Anda lakukan, maka menjadi blogger alternatif terbaiknya! Blogger yang sukses akan meraih fans, pengagum, kepercayaan, dan respek.


·     Establish Yourself as an Expert in Your Field (Memapankan Dan Meningkatkan Keahlian)

Dengan ngeblog, wawasan dan keahlian kita akan meningkat di bidang tertentu yang menjadi "niche" blog kita.

Tiap orang bisa mulai ngeblog tentang apa saja yang mereka sukai atau kuasai. Ngeblog soal blogging, akan menunjukkan keahlian blogging, demikian pula ngeblog soal jurnalistik, akan menunjukkan kemahiran Anda di bidang itu. Dengan menjadi ahli dalam suatu bidang, Anda akan mendapatkan karier yang lebih baik, penghargaan, dan kesempatan menjadi konsultan.


·     Build a Network (Membangun Jaringan)

Ini pasti. Ngeblog menjamin Anda akan memiliki jaringan --pertemanan dan bisnis. “The richest people in the world build networks. Everyone else looks for work,” kata Robert Kiyosaki.


·     Learn In-Demand Skills (Belajar Keteramplian)

Dengan ngeblog, kita otomatis akan belajar soal desain web, HTM, dan CSS yang merupakan "keterampilan bernilai tinggi" (highly valued skills) di msa kini dan masa depan. Kita juga akan belajar desain grafis, marketing, dan pemasaran sosial media.


·     Improve Your SEO (Meningkatkan SEO Anda)

Ngeblog akan membuat kita akrab dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni sebuah proses, teknik, trik yang bertujuan menjadikan posting blog atau website cepat terindeks Google atau mesin pencari lainnya dan mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page).


·     Collect Emails (Mengumpulkan Email)

Meskipun sudah ada media sosial, tapi email masih menjadi sarana komunikasi online andalan. Orang biasa mengecek email secara reguler. Ngeblog membuka jalan untuk "koleksi email" dari komentar ataupun dari pengunjung yang langsung kirim email ke Anda. (Maka, jangan lupa membuat halaman "about me" atau "hubungi saya" di navigasi menu blog Anda).


·     Sell a Product (Menjual Produk)

Blog bisa menjadi sarana pemasaran online. Anda bisa menjual produk. Benar, di Facebook pun bisa, tapi ingat.... mayoritas Facebooker tidak suka iklan!


·     Talk to Your Idols (Ngobrol Dengan Idola)

Blog bisa menjadi medium ngobrol dengan idola Anda.


·     Express Yourself (Eskpresi Diri)

Ngeblogh itu bentuk terkuat untuk ekspresi diri, bahkan sekadar menunjukkan video atau gambar favorit Anda.


·     Help Others (Memolong Sesama)

Blog yang baik berisi posting yang bermanfaat bagi pembaca. Anda bisa berbagi soal makanan yang enak, tips mengurus burung kenari, dan sebagainya. Dengan ngeblog, Anda sedekah ilmu dan menginspirasi orang banyak.


·     Build Trust Online (Membangun Kepercayaan Online)

Blog membangun kepercayaan online. Anda tidak bisa membeli kepercayaan. Ia bisa diraih dengan menunjukkan komitmen kepada pembaca.


·     Take Control of Your Online Identity (Mengendalikan Identitas Online Anda)

Blog itu menjadi "biodata online" atau "profil online" Anda. Anda akan dikenal dan dikenali. Orang akan mudah mengetahui siapa Anda lewat blog yang Anda miliki.


Itulah sekilas informasi tentang 19 Manfaat Membuat Blog-Faidah-Keuntungan Ngeblog . Jadi Apakah kamu sudah siap untuk ngelog ? tunggu apa lagi BUAT BLOGMU SEKARANG JUGA DAN EKSPRESIKAN DIRIMU. Kalau kamu mau membuat blog, saya sarankan Anda membuat blog di blogspot, biar sekalian punya email Gmail dan belajar HTML, CSS, SEO, dan sebagainya. Wasalam.



Post a Comment for "19 Manfaat Membuat Blog"