-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Fisik dan Mental – Sudahkah anda tahu apa itu jogging ? Jogging adalah jalan cepat atau lari kecil untuk menyerap oksigen dan memfungsikan jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Jogging biasa dilakukan pagi hari atau sore menjelang mandi. Jogging akan membuka aura tubuh sehingga suasana alam sekitar merasuk kedalam diri. Jogging memiliki efek yang sangat positif pada tubuh Anda, karena membuat tubuh menjadi aktif bergerak. Sehingga dengan demikian efek postitif dari Jogging adalah meningkatnya sirkulasi darah yang akan membantu memperkuat jantung . Jogging juga akan membantu mencegah gangguan pada sistem pencernaan . Membuat tubuh untuk tetap aktif adalah membantu tubuh untuk membakar lemak sehingga berat badan tetap terkontrol. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat jogging bagi kesehatan fisik dan mental yang mungkin belum anda ketahui.


Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Fisik
Dengan melakukan jogging dengan rutin dan teratur, akan bermanfaat bagi kesehatan fisik tubuh kita, sehingga tubuh kita tidak rentan terhadap penyakit. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat jogging bagi kesehatan fisik tubuh kita.

·      Meningkatkan metabolisme tubuh

Jogging di pagi hari akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari. Anda akan mendapatkan penurunan kelebihan berat badan dan juga akan merasa lebih sehat.Jogging juga baik untuk jantung, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah Anda.

·      Meningkatkan stamina

Di antara banyak manfaat joging setiap hari adalah membangun stamina tubuh menjadi lebih baik. Stamina tubuh yang baik akan meningkatkan kemampuan dan produktifitas kerja Anda sepanjang hari, karena akan membantu Anda untuk bergerak secara aktif. Saya yakin jika Anda sebelumnya merasa lesu ketika bekerja, maka ketika telah rutin melakukan jogging maka Anda akan merasa lebih baik.

·      Membantu menurunkan berat badan

Tak bisa disangkal lagi jika rutin jogging akan membuat cepat tercapainya program penurunan berat badan seseorang. Karena jogging akan meningkatkan metabolisme dan akan membakar kalori dengan cepat.
Jika Anda telah berusaha sangat keras untuk menyingkirkan lemak perut dan tidak berhasil, maka Anda harus mencoba untuk joging secara rutin. Jogging merupakan latihan pembakaran lemak yang baik, bahkan sebagian besar menargetkan lemak pada perut, sehingga mengurangi lemak di sekitar pinggang, pinggul dan perut. Jogging bisa dianggap juga sebagai latihan terbaik dan efektif untuk pengikisan lemak tertimbun dalam perut.
Jogging dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena tubuh membutuhkan kalori lebih banyak untuk bahan bakar otot, ketika ia digunakan untuk aktif jogging. Yang pada akhirnya akan menurunkan berat badan.

·      Memperkuat otot dan meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat joging lainnya adala memperkuat otot-otot dan meningkatkan kepadatan tulang belakang, pinggul dan kaki. Jika Anda pernah melihat pelari jarak jauh,  meskipun kaki mereka tampak kurus , namun mereka mereka dapat berlari sekuat mungkin. Jogging akan mencegah hilangnya massa otot dan massa tulang yang terkait dengan usia. Ketika Anda mulai berlari secara teratur, maka Anda akan dapat menjaga tulang Anda sepanjang tahun.

·      Mengurangi resiko penyakit

Jogging membantu memerangi penyakit seperti kanker, stroke jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis,serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Jogging akan meminimalkan serangan jantung,  karena akan memperkuat jantung sekaligus  juga menjaga tekanan darah. Paru-paru juga akan  menjadi kuat, sehingga Anda dapat  menghirup oksigen lebih banyak lagi. Hal ini akan meningkatkan kapasitas darah untuk mengangkut lebih banyak nutrisi penting untuk seluruh organ tubuh.

·      Mengatasi gangguan tidur

Jika Anda memiliki gangguan tidur, jogging akan sangat membantu Anda untuk mengatasinya. Ketika Anda mulai rutin jogging, maka selanjutnya Anda akan dapat tidur dengan lebih baik dan berkualitas. Jogging di pagi hari akan membantu tidur yang lebih baik pada malam harinya. Anda akan merasa lebih santai dan bisa tidur melalui sepanjang malam. Jika Anda menderita insomnia, keluar rumah jalan-jalan  setiap pagi akan benar-benar dapat membantu Anda.

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Mental
Zaman modern seperti sekarang ini, banyak kesibukan-kesibukan yang dialami kebanyakan orang, sehingga tidak sempat membagi waktu untuk berolahraga. Padahal dengan melakukan jogging di akhir pekan saja, itu sudah cukup. Jogging memiliki banyak manfaat, selain terhadap kesehatan fisik, jogging juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Diantaranya yaitu :


·      Membangun Kepercayaan Diri

Yang paling penting dari manfaat Jogging adalah membangun kepercayaan. Dengan berlari secara rutin, orang akan tumbuh lebih kuat dan siap mengatasi setiap cobaan. Keyakinan seseorang akan terbangun ketika ia dapat memperkirakan kemampuan tubuhnya untuk berlari menempuh jarak. Orang-orang yang menurunkan berat badan karena berlari akan mendapatkan lebih percaya diri, ketika mereka mendapatkan postur yang ideal.

·      Membantu memudahkan untuk memecahkan masalah hidup

Seperti saat berlari, Anda akan mendapatkan waktu untuk berpikir tentang masalah hidup dan menjalankannya dengan penuh percaya diri. Jika Anda memiliki masalah selama beberapa waktu, maka Anda harus berusaha untuk mengejar jarak berjalan. Ketika Anda mencoba berlari jarak jauh, maka Anda akan mendapatkan beberapa waktu untuk sendiri, yang akan memungkinkan Anda untuk mengenyahkan kekacauan pikiran Anda. Jika Anda sedang menyimpani kemarahan, berlari akan menyingkirkan kemarahan. Jadi kita bisa mengklaim bahwa jogging baik untuk menghilangkan stres.

·      Melatih fikiran

Seiring dengan manfaat lainnya, jogging juga mampu melatih pikiran yang baik. Ketika Anda menemukan rintangan, maka Anda akan belajar untuk fokus dan menjadi lebih tepat untuk menyingkirkannya. Jogging Tidak hanya akan membuat tubuh  mendapatkan kekuatan fisik,  tetapi Anda juga akan mendapatkan ketahanan mental.
Salah satu dari manfaat jogging yang jarang diketahui orang adalah perbaikan sikap. Jogging akan membuat tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin, yitu hormon yang akan memberikan rasa bahagia. Oleh karena itu, jogging seringkali digunakan sebagai cara efektif untuk memerangi depresi klinis yang sangat lama.


Selain manfaat-manfaat jogging diatas , masih terdapat manfaat-manfaat lainnya yang mungkin tidak kita sadari. Jogging juga bermanfaat untuk melatih anda untuk berhemat. Anda juga akan menghemat uang karena tak perlu latihan ke gym. Jadi Anda cukup membeli sepasang sepatu joggingi, memulai peregangan sedikit dan joging sudah bisa dimulai . Itulah ulasan mengenai Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Fisik dan Mental. Semoga bermanfaat bagi kita semua, sehingga kita dapat hidup sehat fisik maupun mental.

1 comment for "Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Fisik dan Mental"

  1. artikelnya sangat bermanfaat.. kalau ada waktu kunjungi juga gan Tugas dan Materi Kuliah.
    salam kenal.

    ReplyDelete